Tips Budidaya Bunga Anggrek

Tips Budidaya Bunga Anggrek – Bunga anggrek menjadi salah satu tanaman hias favorit banyak orang. Bentuk bunganya yang indah dan warnanya yang cantik mampu menarik suasana menyegarkan. Namun, perawatan yang tidak tepat justru membuat anggrek tidak dapat berbunga dengan baik. Anda malah akan mendapati tanaman anggrek yang botak atau bahkan berhenti berbunga. Menurut Herlien Primayanti, arsitek lansekap Primalands, hal yang dapat menyebabkan anggrek tidak berbunga adalah perawatan yang kurang dan penempatan yang tidak sesuai.

Kelalaian dan kurangnya informasi mengenai perawatan yang benar pada tanaman anggrek akan menghambat proses pembungaan. Berikut yang dapat Anda lakukan agar anggrek yang Anda miliki senantiasa berbunga.

Sesuaikan Dengan Habitatnya

Perlu diketahui bahwa anggrek memiliki beragam jenis yang dibagi berdasarkan habitatnya. Oleh karena itu, sebaiknya tanamlah anggrek sesuai dengan masing-masing habitatnya. Misalnya, ada yang dapat hidup di dataran rendah, sedang, maupun tinggi. Kondisi cuaca menjadi salah satu penyebab anggrek tak berbunga. Untuk di dataran rendah, sebaiknya memilih jenis anggrek dendrobium atau vanda. Dataran sedang, cocok ditanam anggrek bulan, oncydium, vanda, dan cattleya. Sedangkan, untuk dataran tinggi bisa memilih jenis anggrek phapiopedilum, vanda, atau cymbidium.

Beri Cukup Air
Sama halnya manusia, tumbuhan juga memerlukan air untuk hidup. Tumbuhan yang kekurangan air pun akan mati. Cara penyiraman anggrek bisa disesuaikan dengan suhu udara sekitar. Apabila suhu udara tinggi dan memiliki kelembapan yang rendah maka anggrek memerlukan banyak air. Pun sebaliknya. Apabila suhu udara rendah dan kelembapan tinggi maka tidak perlu menyiramkan banyak air. Waktu ideal untuk menyiramkan air ke tumbuhan yaitu sekitar sebelum pukul 10 pagi dan setelah pukul 4 sore. Perhatikan pula apabila media tanam nampak kering. Segeralah menyiramnya.

Bila dirumah menggunakan pompa air listrik dalam menyiram tanaman, pompa tidak akan bekerja jika listrik mati dan anda tidak bisa menyiram tanaman tentunya. Oleh karenanya agar tidak terhalang dengan listrik, segera beli dan gunakan mesin genset dari toko jual genset honda di makassar mumpung harganya masih murah.

Rutin Diberikan Pupuk
Untuk langkah selanjutnya, Herlien mengungkapkan sebaiknya anggrek harus rutin disemprotkan pupuk maupun obat hama. Paling tidak seminggu atau dua minggu sekali saja, ungkapnya. Pupuk untuk tanaman anggrek berbentuk cair. Hal ini disebabkan karena habitat asli anggrek mendapatkan makanan dari air hujan maupun embun. Apabila memberikannya dalam bentuk padat justru akan merusak tanaman anggrek itu. Takaran pemberian pupuk biasanya tercantum pada label pupuk. Atau paling tidak seperempat/setengah sendok teh per satu liter air. Perlu diingat jangan sampai memberikan pupuk melebihi dosis seharusnya karena akan merusakan tanaman. Semprotkan langsung ke akarnya dan jangan sampai mengenai daun maupun bunganya karena akan merusaknya.