Categories
Teknologi

Melihat Cikal Bakal 4G LTE

Teknorus.com – Perkembangan suatu teknologi jaringan komunikasi berkembang sangat cepat. Saat ini, teknologi jaringan komunikasi sudah mencapai pada generasi 4G LTE. Awal perjalanan, teknologi jaringan komunikasi diawali dengan teknologi generasi awal, yang dikenal dengan zero generation (0G) pada tahun 1940. Generasi ini masih menggunakan jaringan gelombang radio dengan jangkauan terbatas dan dapat terhubung dengan telepon umum. Kemampuan dari teknologi 0G hanya dapat melayani komunikasi suara dan sebagai penggerak teknologi komunikasi bergerak (mobile).

Baca juga : Gambar Keren

Kelemahannya terletak pada sisi transmisinya masih half-duplex dan tidak mendukung komunikasi data, sehingga generasi 0G tak bertahan lama. Yang termasuk dalam teknologi 0G yaitu PTT (Push to Talk atau Press to Transmit), MSS (Mobile Telephone System), IMTS (Improved Mobile Telephone Service), AMTS (Advanced Mobile Telephone System), OLT (Off entlig Landmobil Telefoni), MTD (Mobile Telephony system D), PALM (Public Automated Land Mobile), ARP (Auto Radio Puhelin), dan B-Netz.

Selanjutnya munculah teknologi generasi pertama, yang dikenal dengan 1G pada era 80-an. Generasi ini merupakan generasi ponsel pertama dan masih menggunakan sistem analog. Generasi pertama menggunakan teknik komunikasi Frequency Division Multiple Access (FDMA) yang berfungsi untuk membagi alokasi frekuesi pada suatu sel. Kemampuan dari teknologi 1G hanya dapat melayani komunikasi suara dan tidak mendukung komunikasi data dalam kecepatan tinggi. Kelemahan dari generasi ini terletak pada kecilnya kapasitas trafik dan suaranya tak jernih.

Yang termasuk dalam teknologi 1G yaitu AMPS (Advanced Mobile Phone Service), NMT (Nordic Mobile Telephony), HICAP, TACS (Total Access Communication System), C450, C-Netz, Mobitex, DataTAC, dan CDPD (Cellular Digital Packet Data). Lalu hadirnya teknologi generasi kedua, yang dikenal dengan 2G pada awal tahun 90-an. Hadirnya generasi kedua dikarenakan dari tuntutan pasar akan kebutuhan kualitas jaringan yang lebih baik.

Generasi 2G telah menggunakan teknologi digital. Generasi ini menggunakan teknologi komunikasi Time Division Multiple Access (TDMA) dan Code Division Multiple Access (CDMA). Kemampuan dari teknologi 2G dapat melayani komunikasi suara, dapat melayani Short Message Service (SMS), voice mail, call waiting, dan kecepatan data 9.600 bps (bit per second).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *